Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya
Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran.
Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar)
yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah teman
sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan
mengisi rubrik checklist. Rubrik ini
memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan
pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui
sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.
Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD
Item Pernyataan |
Sudah |
Belum |
|
Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran |
|
||
Saya
mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep
yang mendalam dan
penerapan pengetahuan dalam
konteks nyata. |
v |
|
|
Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari
pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik. |
v |
|
|
Saya
mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan
konten pembelajaran dan dapat
diterapkan di kehidupan nyata. |
v |
|
|
Saya merumuskan pertanyaan esensial yang
mendorong peserta didik
untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri. |
V |
|
|
Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian
pembelajaran. |
V |
|
Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam
berbagai kategori kemampuan
peserta didik. |
V |
|
|
Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran
|
|
||
Saya mengidentiikasi bukti kinerja
atau produk yang dapat
menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran. |
V |
|
|
Saya merancang rubrik
penilaian yang jelas
dan terukur untuk
setiap jenis bukti kinerja. |
V |
|
|
Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. |
V |
|
|
Saya merancang asesmen formatif untuk
mengukur capaian pembelajaran yang berkelanjutan selama
proses pembelajaran. |
V |
|
|
Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik. |
V |
|
|
Saya mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui perkembangan pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan. |
V |
|
|
Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran |
|
||
Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran. |
V |
|
|
Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang
mendorong peserta didik
untuk menjelajahi konsep secara mendalam. |
V |
|
|
Saya memilih
strategi pembelajaran yang relevan untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen. |
V |
|
Saya memilih
model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan
untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
V |
|
Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
V |
|
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata. |
V |
|
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal
peserta didik. |
V |
|
Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning. |
V |
|
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk
mencapai konsep-konsep esensial. |
V |
|
Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?
Rancangan pembelajaran yang saya miliki sudah sesuai dengan panduan
yang ada.dalam perencanaan pembelajaran yang menerapkan prinsip
backward desain. Mulai dari tahap pertama, yakni menuntukan TP yang dihubungkan dengan konteks nyata. yang kedua, yakni menentukan asesmen
yang otentik dan melibatkan siswa. serta ketiga,
yakni, merancang kegiatan
pembelajaran yang bermakna dan sesuai dengan TP yang telah dirumuskan.
Perancangan pembelajaran telah menerapkan pendekatan UbD.
ReplyDeleteyakni dimulai dari
1. Menentukan tujuan pembelajaran
2. Menentukan Asesmen
3. Merancang kegiatan pembelajaran
Doing great as always. Your lesson plan has integrated the UbD approach. it can be implemented and I do guess that this learning will do well in a classroom.
ReplyDelete